Prinsip Biasa serta Langkah Kerja IP Kamera

Internet Protocol Kamera atau IP Kamera adalah tehnologi camera digital yang cukup baru. Dimana langkah kerja IP kamera ini ialah mentransfer gambar dengan manfaatkan jaringan internet. IP kamera dipakai untuk memonitor atau memperhatikan satu objek atau tempat baik untuk arah keamanan, memonitor kondisi atau dipakai jadi live view pada web. Tehnologi ini sedikit lebih baik dibanding pemakaian CCTV yang punya terbatasnya dalam jarak atau ruang pengamatan. Karenanya kedatangan IP kamera cukup disukai warga.

Untuk dapat manfaatkan IP kamera, Anda minimal memerlukan sedikit pengetahuan mengenai apakah itu IP kamera serta bagian-bagiannya, langkah menjalankan IP Kamera, dan bagaimana membuat jaringan IP kamera yang akan dipakai. Bila Anda sudah terlatih dengan jaringan computer tentu saja semakin lebih gampang. Pertama, IP kamera terdiri atas lensa, sensor gambar (CCD atau CMOS), selanjutnya processor untuk memproses serta mengompresi gambar yang diterima. Kemudian ada micro computer serta ethernet, input-output untuk mengatur lensa serta audio.

IP kamera terdiri atas beberapa macam. Beberapa jenis IP kamera salah satunya final IP kamera, dome IP kamera serta PTZ atau Pan, Tilt and Zoom. IP kamera sendiri terdiri dua tipe yakni yang memakai kabel atau wire IP kamera serta non-kabel atau wireless IP kamera. Sekalinya seperti dengan CCTV tetapi IP kamera berlainan dengan CCTV. CCTV adalah camera analog yang bisa langsung dikaitkan ke tv memakai VCR atau Video Casette Recorder. Sedang IP kamera outputnya telah berbentuk digital serta langsung bisa dikaitkan dengan jaringan computer.

Dengan simpel, langkah kerja IP kamera ialah lensa tangkap objek selanjutnya diolah oleh CCD atau sensor gambar, selanjutnya diantar ke serangkaian pengolah gambar yang digerakkan oleh DSP Processor. Dimana gambar di sini diolah, dicompresi ukurannya supaya tidak besar. Kemudian gambar dikirim ke mikrokomputer serta ethernet yang tersambung dengan jaringan internet. Karena itu Anda pun memerlukan alamat IP yang disetting berlainan pada semasing brand IP kamera.

Selanjutnya untuk terhubung IP kamera yang sudah terinstalasi Anda dapat manfaatkan beberapa situs browser seperti Chrome, Opera atau Mozilla. Triknya cukup gampang, sama dengan sedang terhubung satu situs. Yakni dengan menulis alamat IP kamera pada situs browser yang biasa Anda pakai. Tentu saja hal tersebut baru dapat dikerjakan bila IP kamera sudah aktif. Jadi, pada umumnya IP kamera benar-benar gampang dibuka serta dikontrol dari jarak jauh sekalinya.

Langkah kerja IP kamera tidak susah untuk dimengerti kan? Anda serta dapat aktifkan banyak IP kamera untuk beberapa keperluan. Tentu saja bila Anda memakai atau mengurus IP kamera dalam jumlahnya banyak Anda memerlukan software spesial. Hingga Anda dapat terhubung beberapa IP kamera dengan simultan untuk merekam beberapa gambar berbentuk video serta audio dari beberapa tempat atau objek. Menarik kan? Dengan begitu, Anda dapat memaksimalkan pemakaian IP kamera untuk beberapa kepentingan keamanan dan lain-lain.

Desember 31, 2019 - tanpa komentar