Prinsip Fundamen serta Langkah Kerja IC 4017


Langkah kerja IC 4017 dikuasai oleh tipe IC serta penggolongannya. IC ini dikelompokkan dalam tipe CMOS yang disebut satu IC nalar. IC ini punya 10 output aktif yang kerja dengan berganti-gantian. Dengan kerja itu, IC 4017 umumnya akan dipakai jadi satu diantara elemen dalam serangkaian LED. Elemen IC ini sesuai manfaatnya dapat juga dipakai dalam serangkaian alarm. Pemakaian yang luas pada beberapa perlengkapan elektronik cukup sudah terkenal buat fans elektronika.

Pin IC 4017 walau diketahui sebagi IC 10 step tetapi punya jumlahnya kaki atau pin makin banyak dari 10 buah. Semasing pin akan punya peranan serta nilai tertentu serta dipasang dengan pas. Peranan pin pada IC ini berbagai macam, 10 pin dipakai jadi out put aktif yang kerja berganti-gantian. Sesaat 6 pin yang lain berperan jadi VSS(GND), VDD, Reset, Clock in, Clock Enable, serta Carry Out. Jadi satu serangkaian, kita dapat memakai IC lebih dari satu.

Aplikasi IC 4017 pada skema elektronik mulai dikenalkan pada seputar tahun 1968 serta sampai sekarang masih dipakai. Elemen IC ini dengan simpel dapat disebutkan jadi satu saklar automatis yang punya 10 output yang menyala dengan berganti-gantian. Hal tersebut berlangsung sebab pada clock in di satu diantara kaki dikasih tegangan atau pulse. Pemakaian IC pada serangkaian simpel dapat dikerjakan untuk bikin serangkaian running LED yang memakai kemampuan daya rendah.

Langkah kerja IC 4017 yang disebut satu diantara variasi dari seri 4000 pada IC ini sama dengan IC yang punya seri yang lain. Sedang untuk IC dengan seri code 4017 punya beberapa seri yang memiliki peranan sama. Beberapa variasi IC mode 4017 diantaranya CD4017, HEF4017, serta beberapa seri IC yang lain. Pemakaian mode serta seri IC umumnya akan sesuai dengan keperluan akan kemampuan serta mode serangkaian yang dibuat. Dengan pilih IC yang sesuai dengan pemakaian maka membuat serangkaian jadi efisien serta efektif.

Untuk serangkaian LED yang memakai elemen IC 4017 umumnya akan digabungkan dengan elemen lain supaya serangkaian dapat kerja dengan optimal. Untuk bikin serangkaian running LED memakai IC 4017 karena itu dibutuhkan beberapa bahan penambahan, yang diantaranya IC 555, resistor atau dapat dengan potensiometer, kapasitor, lampu LED, baterei, serta kabel jumper yang dipakai untuk menyambungkan tiap sisi.

Langkah kerja IC 4017 dalam satu skema elektronik harus dibuat dengan pas. Jika berlangsung kekeliruan dalam menempatkan rakitan, karena itu serangkaian dapat tidak kerja secara baik, atau serta lampu LED tidak menyala. Untuk IC 555 serta IC 4017, kita dapat memberi kemampuan tegangan sampai sampai 12 volt untuk serangkaian lampu LED 10 buah. Input listrik yang dibutuhkan akan makin besar jika jumlahnya lampu LED makin bertambah banyak. Untuk pergerakan kedipan dengan periode waktu yang cukup lama, kita membutuhkan serangkaian IC 4017 lebih dari satu.

Desember 31, 2019 - tanpa komentar